PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATA PELAJARAN TIK

Andika Dwi Sakti ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Yogi Irdes Putra ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Arisman Sabir ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Desi Fitria ( STKIP YDB Lubuk Alung )

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan Macromedia Flash 8, yang tidak hanya terbukti valid, praktis, dan efektif, tetapi juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran TIK untuk siswa kelas X di MAN 3 Bungo. Dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) dan model pengembangan 4D, penelitian ini berhasil merancang sebuah media pembelajaran interaktif yang mencapai tingkat validitas sebesar 79,44%, dengan aspek media, materi, dan bahasa yang terpenuhi. Selain itu, respon guru dan siswa terhadap kepraktisan media ini mencapai persentase yang tinggi, yaitu 93,86% dan 88,22%. Hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa hasil tes klasikal telah mencapai 85%, melebihi KKM yang ditetapkan. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini merupakan inovasi yang relevan dan efektif dalam meningkatkan pembelajaran TIK, dengan implikasi positif untuk pengembangan media pembelajaran di masa mendatang.

References

Arif, D.S.F. dkk. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Etnomatematika Berbantu Macromedia Flash. Jurnal. Universitas PGRI Semarang.

Bakhruddin, M. dkk. 2021. Strategi Belajar Mengajar: Konsep dasar dan implementasinya. Bojonegoro: C.V. Agrapana Media.

Daryanto. 2013. Menyusun Modul: Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Fadli, R., Hakiki, M., Rahayu, S., & Astriyani, S. (2020). VALIDITAS MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 1(1), 9-15. https://doi.org/10.52060/pti.v1i1.302

Lesmono, A.D. dkk. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berupa Komik Pada Materi Cahaya Di SMP. Jurnal. FKIP-Universitas Jember. https://doi.org/10.19184/jpf.v1i1.23143.

Hakiki, M., Surjono, H. D., Wagiran, Fadli, R., Budiman, R. D. A., Ramadhani, W., Hidayah, Y. (2023). Enhancing Practicality of Web-Based Mobile Learning in Operating System Course: A Developmental Study. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 17(19), pp. 4–19. https://doi.org/10.3991/ijim.v17i19.42389

Nurfadhillah, Septy. dkk. 2021. Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Matematika dan Manfaatnya Di Sekolah Dasar Swasta Plus Ar-Rahmaniyah. Jurnal. Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharto. 2019. Proses Berpikir Kritis Siswa Kelas XII MAN 3 Jember Berdasarkan Perkembangan Usia Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Peluang. Jurnal. FKIP-Universitas Jember.

https://doi.org/10.19184/kdma.v8i1.5251.

Sutarti, T. dan Edi Irawan. 2017. Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Deepublish.


Keywords  :  
Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif, Macromedia Flash 8, 4D (four-D) Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif, Macromedia Flash 8, 4D (four-D)
Galleys  :  
Published  :  
2024-04-01
How to Cite  :  
Sakti, A. D., Putra, Y. I., Sabir, A., & Fitria, D. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATA PELAJARAN TIK. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 5(1), 1–11. https://doi.org/10.52060/pti.v5i1.1431
Issue  :