PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATERI SISTEM TATA SURYA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Roostafa Eka Nur Sarwendah ( Universitas Nusantara PGRI Kediri )
Kharisma Eka Putri ( Universitas Nusantara PGRI Kediri )
Abdul Aziz Hunaifi ( Universitas Nusantara PGRI Kediri )

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di SDN Sukorame 2 Kediri. Penggunaan media pembelajaran di Sekolah tersebut belum tersedia pada materi sistem tata surya. Proses pembelajaran di kelas masih bersifat konvensional yang menggunakan buku dan ceramah. Dan juga penggunaan media pembelajaran pembelajaran pada materi sistem tata surya kurang menarik dan optimal dikarenakan keterbatasan media. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangankan multimedia berbasis macromedia flash dan untuk mengetahui kelayakan multimedia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi analysis, design, Development, implementation dan evaluation. Penelitian ini dilakukan di SDN Sukorame 2 dan siswa kelas 6 sebagai subjek dari penelitian ini. Proses uji kelayakan media dilakukan 3 tahap yaitu, uji kevalidan, uji kepraktisan dan uji keefektifan. Hasil penelitian pengembangan ini pada uji kevalidan dikatakan sangat valid, berdasarkan hasil validasi ahli media dan ahli materi dengan perolehan persentase skor validasi media 91% dengan kategori “sangat layak/valid”. Sedangkan untuk hasil uji kepraktisan yang didapat dari respons siswa dan guru memperolehan skor 89,5% dengan kategori sangat praktis/layak. Untuk uji keefektifan dinyatakan tuntas/sangat efektif berdasarkan hasil evaluasi yang melebihi ketuntasan belajar klasikal (KBK) sebesar 92%. Kesimpulan dari penelitian ini, multimedia berbasis macromedia flash pada materi sistem tata surya dikatakan layak digunakan pada pembelajaran di kelas pada materi sistem tata surya.

References

Aghni, Rizqi Ilyasa. 2018. “FUNGSI DAN JENIS MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 16(1):98–107.

Akhmadan, Wisyastuti. 2017. “Pengembangan Bahan Ajar Materi Garis Dan Sudut Menggunakan Macromedia Flash Dan Moodle Kelas VII Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Gantang 2(1):27–40.

Arsal, Muhammad, Muhammad Danial, and Yusminah Hala. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Materi Sistem Peredaran Darah Pada Kelas XI MIPA SMAN 6 Barru.” Prosiding Seminar Nasional Biologi VI Harmonisasi Pembelajaran Biologi Pada Era Revolusi 4.0 434–42.

Eka Putri, Kharisma, and Sutrisno Sahari. 2017. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN TERPADU.” Pijar Nusantara 3(1):5–13.

Ernawati, Iis, and Totok Sukardiyono. 2017. “UJI KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI SERVER | Ernawati | Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education).” Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2):204–10.

Fahmi, Syariful. 2014. “PENGEMBANGAN MULTIMEDIA MACROMEDIA FLASH DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN KEEFEKTIFANNYA TERHADAP SIKAP SISWA PADA MATEMATIKA Syariful Fahmi Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pend.” Jurnal AgriSains 5(2).

Fakhri, M. Isa, Singgih Bektiarso, and Supeno. 2018. “PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH PADA PEMBELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN MOMENTUM, IMPULS, DAN TUMBUKAN KELAS X SMA.” Jurnal Pembelajaran Fisika 7(3):271–77.

Hari Cahyadi, Rahmat Arofah. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model.” Halaqa: Islamic Education Journal 3(1):35–43.

Islahudin, and Yulaika Rini. 2019. “PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN BUKU AJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MIPA 1 SMAN 1 LABUAPI SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019.” JPIn (Jurnal Pendidik Indonesia) 2(1):66–71.

Jennah, Rodhatul. 2009. MEDTA PEMBET,AIARAN. 1st ed. Antasari Press.

Lestari, Sudarsri. 2018. “Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 2(2):94–100. doi: 10.33650/edureligia.v2i2.459.

Munir. 2012. MULTIMEDIAKonsep & Aplikasi Dalam Pendidikan.

Rahmi, Mar’atush Sholichah Muntaha, BudimanM. Arif, and Widyaningrum Ari. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 Pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku.” International Journal of Elementary Education 3(2):178.

Ramlah. 2015. “Penerapan Teori Perkembangan Mental Piaget Tahap Operasional Konkret Pada Hukum Kekekalan Materi.” Jurnal Pendidikan Unsika 3(2):218–30.

Salim, and Haidir. 2019. Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, Dan Jenis - Dr. H. Salim, M.Pd. Dkk - Google Buku. 1st ed. edited by I. S. Azhar. Jakarta: Kencana.

Sulestry, Andi Indra, Program Studi, Pendidikan Matematika, and Univesitas Cokroaminoto Palopo. 2018. “Efektivitas Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Dalam Mata Kuliah Pengantar Dasar.” Jurnal Pendidikan Matematika 3(2):94–99.

Yusof, Najeemah Md. 2007. Konsep Pendidikan. 2nd ed. edited by N. abdu Halim. kuala lumpur: PTS Profesional.


Keywords  :  
Keywords: multimedia, macromedia flash, sistem tata surya
Galleys  :  
Published  :  
2023-04-03
How to Cite  :  
Sarwendah, R. E. N., Putri, K. E., & Hunaifi, A. A. (2023). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATERI SISTEM TATA SURYA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 1–8. https://doi.org/10.52060/pti.v4i1.1168
Issue  :