PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN OING KOSMETIK PAYAKUMBUH DENGAN VARIABEL INTERVENING KEPUASAN PELANGGAN

Gusti Mayang ( Universitas Putra Indonesia ‘YPTK” Padang, Indonesia )
Vicky Brama Kumbara ( Universitas Putra Indonesia ‘YPTK” Padang, Indonesia )
Della Asmaria Putri ( Universitas Putra Indonesia ‘YPTK” Padang, Indonesia )

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan berusaha menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Oing Kosmetik Payakumbuh Dengan Variabel Intervening Kepuasan Pelanggan. Penelitian ini adalah model Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat bantu analisis SmartPLS 3.0. Populasi dan sampel penelitian ini adalah Pelanggan Oing Kosmetik Payakumbuh dengan jumlah sampel 100 orang. Hasil penelitian menemukan Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Harga terhadap Kepuasan Pelanggan. Terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan antara Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan. Terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan antara Harga terhadap Loyalitas Pelanggan. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan. Kepuasan Pelanggan mampu memediasi Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan. Kepuasan Pelanggan mampu memediasi Harga terhadap Loyalitas Pelanggan.

References

Anjela, R., Rosiana, M., Widiastuti, E., & Candhratrilaksita, W. (2022). THE EFFECT OF Price ON Customer Loyalty MEDIATED BY ( Case Study in Taman Wisata Bukit Asri Desa Windujaya ). 665–675.

Apriliyanti, E., Hudayah, S., & Za, S. Z. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Citra merek dan Sarana Wisata Terhadap Kepuasan Pelanggan Citra Niaga Sebagai Pusat Cerminan Budaya Khas Kota Samarinda Customer Loyalty of Commercial Images As a Center of Cultural Reflection Typical of Samarinda City. Jurnal Manajemen, 12(1), 145–153. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/Jurnalmanajemen

Ariesta, D., Sukotjo, E., & Suleman, N. R. (2022). The effect of attraction, accessibility and facilities on destination images and it’s impact on Number Of Visits in the marine tourism of the wakatobi regency. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3), 6605–6613.

Auliq, M. A., Sularso, R. A., & Isnarno, E. (2022). Impact of the Quality of Tourist Attraction and Promotion on Number Of Visits with Visiting Decisions as Intervening Variables. 5(29), 286–296. https://doi.org/10.32535/jicp.v5i1.1478

Bahar, A. M., Maizaldi, M., Putera, N., Widiestuty, R., Chaniago, S., & Eliza, Y. (2022). The Effect of Tourism Facilities, Service Quality and Promotion of Customer Loyalty in South Pesisir District. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 5(1), 5. https://doi.org/10.33087/jmas.v5i1.141

Dewi, D. L., Indrawati, L. R., Septiani, Y., Ekonomi, F., & Tidar, U. (2022). Jumlah Objek Wisata , Jumlah Hotel , Dan Jumlah Penduduk Terhadap Pendapatan Asli Daerah ( Pad ) Di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2014-2022. 2(3), 647–658.

Fajriani, R., Kamilia, T., Saribanon, E., & Prasidi, A. (2022). the Effect of Service Quality and Facilities on Customer Loyalty in Soekarno-Hatta International Airport Check-in At New Normal Era in 2022. Journal of Global Research on Sustainable Transportation and Logistics, 2, 195–202. proceedings.itltrisakti.ac.id/index.php/altr

Hamid, D. (2014). Terhadap Prestasi Kerja Karyawan ( Studi Pada Karyawan Tetap Pt . Pabrik Gula Toelangan Sidoarjo ). 15(2), 1–8.

Hermawan, H. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Keselamatan , Dan Sarana Wisata Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Wisatawan : Studi Community Based Tourism Di Gunung Api Purba Nglanggeran. 15. https://doi.org/10.36276/mws.v15i1.57

Indrayanto, A., & Nugroho, S. W. D. (2022). Pengaruh Pelatihan Terhadap Komitmen Organisasional dengan Organisational Based Self Esteem sebagai variabel Mediasi. 41–50.

Jufri, S., Anggareni, L., & Sasongko, H. (2022). The Effect of The Tourist Attraction and Tourism Office Budget on Number Of Visits to The Bogor District. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 8(2), 362–371. https://doi.org/10.17358/jabm.8.2.362

Kabu, M. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan aksesibilitas. Jurnal Tourism, 2(1), 24–31. https://doi.org/10.59583/mars.v1i2.11

Kalebos, F. (2022). Faktor Faktor Yang ….. ( Kalebos) 489. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajem, 4, 489–502.

Kirom, N. R., . S., & Adi Putra, I. W. J. (2022). The Influence of Tourist Attractions Towards the Tourists’ Satisfaction. KnE Social Sciences, 3(3), 270. https://doi.org/10.18502/kss.v3i3.1889

Kristiutami, Y. P. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Museum Geologi Bandung. Pariwisata, 4(2), 53–62. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp

Kumbara, V. B. & Yulasmi. (2022). Determinasi Lokasi, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Kunjung Melalui Kepuasan Konsumen Pada Daerah Wisata Harau

Listyawati, I. H. (2021). Pengaruh Harga, Citra merek, dan Kepusan Terhadap Loyalitas Wisatawan. Jurnal Manajemen Administrasi, VI(2), 35–44. http://jurnal.amaypk.ac.id/index.php/jbma/article/view/78

Masriki, & Frinaldi, A. (2021). The Effect of Service Quality and Facilities on Customer Loyalty at Gandoriah Beach, Pariaman City. International Journal of Tourism, Heritage and Recreation Sport, 2(1), 9–14.

Maulidan, R. (2021). Pengaruh Atraksi Wisata Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Ke Kualitas Pelayanan Waduk Darma Kabupaten Kuningan. Jurnal Manajemen Resort Dan Leisure, 14(2), 57–68.

Noviana Putra, I. G., Sudiarta, I. N., & Sasrawan Mananda, I. G. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Niat Berkunjung Kembali Wisatawan Mancanegara Ke Kualitas Pelayanan Alas Pala Sangeh. Jurnal IPTA, 4(2), 1. https://doi.org/10.24843/IPTA.2016.v04.i02.p01

Pelayanan, P. K., Daya, D. A. N., Wisata, T., & Minat, T. (n.d.). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan Kualitas Pelayanan terhadap minat berkunjung ulang (.

Priyanto, R., & Hermawan, H. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan serta Dampaknya terhadap Loyalitas : Studi di Ciater Spa Resort. https://doi.org/10.31219/osf.io/yevg6

Puniawan, I. M. E., & Sentosa, I. P. P. (2022). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan yang Berkunjung ke Desa Wisata Blimbingsari Jembrana, Bali. … Ekonomi Dan Pariwisata, 13(2). https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/pariwisata/article/view/379

Purwanti, A. A. (2021). Pengaruh Life Style, Kualitas Produk Dan Store Image Terhadap Keputusan Pembelian Astri. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Putri, D. A., Gusmardianti, Fitrizal. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Minat Kunjungan Ulang Dan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Villa Kayu Putih Alahan Panjang)”.

Qonitah, R., Hidayatullah, S., & Alvianna, S. (2021). The Effect Of Price On Customer Loyalty At Kayangan Api Tourism Place Bojonegoro District. 1(1), 166–175.

Rokhayah, E. G., & Ana Noor Andriana. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Aksesibilitas terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Pantai Istana Amal Kabupaten Penajam Paser Utara. Jurnal Kajian Dan Terapan Pariwisata, 2(1), 10–18. https://doi.org/10.53356/diparojs.v2i1.43

Saputra, E., & Ambiyar, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Pengemasan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Berkunjung Serta Dampaknya pada Kepuasan Pelanggan di Museum Negeri Sonobudoyo Yogyakarta. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 6, 183. https://doi.org/10.24843/JUMPA.2019.v06.i01.p10

Sidanti, H. (2015). Pengaruh lingkungan kerja, disiplin kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai negeri sipil di sekretariat dprd kabupaten madiun. Jurnal JIBEKA, 9, 10.

Silvi. (2021). Pengaruh Pengalaman Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Pelanggan Kerja Dengan Prestasi Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada Kantor Camat Selupu Rejang. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 14(2), 407–423.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

SUNNY, H. (2022). Pengertian Kualitas Pelayanan Menurut Beberapa Ahli. HARDIANTI SUNNY.

Wibowo, R., Alvianna, S., Hidayatullah, S., Astuti, W., & Setioko, D. (2021). Analysis of the Influence of Tourist Destinations and Facilities on Customer Loyalty Visiting the Jawa Timur Park in the New Normal Era. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 6(1), 295–300. www.ijisrt.com295

Widyaningsih, P., & Budhi, M. K. S. (2021). Pengaruh Loyalitas Pelanggan wisatawan terhadap penerimaan pajak hotel, pajak restoran dan pendapatan asli daerah. E-Jurnal EP Unud, 3(4), 155–163.


Keywords  :  
Keywords: Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan
Galleys  :  
Published  :  
2025-11-30
How to Cite  :  
Mayang, G., Kumbara, V. B., & Putri, D. A. (2025). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN OING KOSMETIK PAYAKUMBUH DENGAN VARIABEL INTERVENING KEPUASAN PELANGGAN. Jurnal Bisnis Digital, 3(2), 155–170. https://doi.org/10.52060/j-bisdig.v3i2.3522
Issue  :