PENGARUH PAYLATER DAN FREE ONGKIR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PELANGGAN MELALUI DIGITAL MARKETING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KONSUMEN E-COMMERCE SHOPEE

Jelita Saputri ( Universitas Putra Indonesia ‘YPTK” Padang, Indonesia )
Vicky Brama Kumbara ( Universitas Putra Indonesia ‘YPTK” Padang, Indonesia )
Della Asmaria Putri ( Universitas Putra Indonesia ‘YPTK” Padang, Indonesia )

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan berusaha menganalisis Pengaruh Paylater Dan Free Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Melalui Digital Marketing Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen E-Commerce Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Manajemen UPI “YPTK” Padang). Penelitian ini adalah model Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat bantu analisis SmartPLS 3.0. Populasi dan sampel penelitian ini adalah Mahasiswa Manajemen UPI “YPTK” Padang. Hasil penelitian menemukan Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Paylater terhadap Digital Marketing. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Free Ongkir terhadap Digital Marketing. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Paylater terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan. Terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan antara Free Ongkir terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan. Digital Marketing mampu memediasi Paylater terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan. Digital Marketing mampu memediasi Free Ongkir terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan.

References

Anjela, R., Rosiana, M., Widiastuti, E., & Candhratrilaksita, W. (2022). THE EFFECT OF Paylater ON Purchasing decisions MEDIATED BY ( Case Study in Taman Wisata Bukit Asri Desa Windujaya ). 665–675.

Apriliyanti, E., Hudayah, S., & Za, S. Z. (2022). Pengaruh Paylater , Paylater dan Sarana Wisata Terhadap Digital Marketing Citra Niaga Sebagai Pusat Cerminan Budaya Khas Kota Samarinda Purchasing decisions of Commercial Images As a Center of Cultural Reflection Typical of Samarinda City. Jurnal Manajemen, 12(1), 145–153. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/Jurnalmanajemen

Ariesta, D., Sukotjo, E., & Suleman, N. R. (2022). The effect of attraction, accessibility and free shipping on destination images and it’s impact on Number Of Visits in the marine tourism of the wakatobi regency. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3), 6605–6613.

Auliq, M. A., Sularso, R. A., & Isnarno, E. (2022). Impact of the Quality of Tourist Attraction and Promotion on Number Of Visits with Visiting Decisions as Intervening Variables. 5(29), 286–296. https://doi.org/10.32535/jicp.v5i1.1478

Bahar, A. M., Maizaldi, M., Putera, N., Widiestuty, R., Chaniago, S., & Eliza, Y. (2022). The Effect of Tourism Free shipping, Paylater and Promotion of Purchasing decisions in South Pesisir District. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 5(1), 5. https://doi.org/10.33087/jmas.v5i1.141

Dewi, D. L., Indrawati, L. R., Septiani, Y., Ekonomi, F., & Tidar, U. (2022). Jumlah Objek Wisata , Jumlah Hotel , Dan Jumlah Penduduk Terhadap Pendapatan Asli Daerah ( Pad ) Di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2014-2021. 2(3), 647–658. https://doi.org/10.24036/jmpe.v3i2.8763

Fajriani, R., Kamilia, T., Saribanon, E., & Prasidi, A. (2022). the Effect of Paylater and Free shipping on Purchasing decisions in Soekarno-Hatta International Airport Check-in At New Normal Era in 2022. Journal of Global Research on Sustainable Transportation and Logistics, 2, 195–202. proceedings.itltrisakti.ac.id/index.php/altr

Hamid, D. (2014). Terhadap Prestasi Kerja Karyawan ( Studi Pada Karyawan Tetap Pt . Pabrik Gula Toelangan Sidoarjo ). 15(2), 1–8.

Hermawan, H. (2021). Pengaruh Paylater , Keselamatan , Dan Sarana Wisata Terhadap Digital Marketing Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Wisatawan : Studi Community Based Tourism Di Gunung Api Purba Nglanggeran. 15. https://doi.org/10.36276/mws.v15i1.57

Indrayanto, A., & Nugroho, S. W. D. (2021). Pengaruh Pelatihan Terhadap Komitmen Organisasional dengan Organisational Based Self Esteem sebagai variabel Mediasi. 41–50.

Jufri, S., Anggareni, L., & Sasongko, H. (2022). The Effect of The Tourist Attraction and Tourism Office Budget on Number Of Visits to The Bogor District. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 8(2), 362–371. https://doi.org/10.17358/jabm.8.2.362

Kabu, M. (2021). Pengaruh Paylater dan aksesibilitas. Jurnal Tourism, 2(1), 24–31. https://doi.org/10.32511/tourism.v2i1.316

Kalebos, F. (2021). Faktor Faktor Yang ….. ( Kalebos) 489. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajem, 4, 489–502.

Kirom, N. R., . S., & Adi Putra, I. W. J. (2021). The Influence of Tourist Attractions Towards the Tourists’ Satisfaction. KnE Social Sciences, 3(3), 270. https://doi.org/10.18502/kss.v3i3.1889

Kristiutami, Y. P. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Museum Geologi Bandung. Pariwisata, 4(2), 53–62. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp

Kumbara, V. B. (2021). Determinasi Nilai Pelanggan Dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk Dan Endorse.

Listyawati, I. H. (2021). Pengaruh Free Ongkir, Paylater, dan Kepusan Terhadap Loyalitas Wisatawan. Jurnal Manajemen Administrasi, VI(2), 35–44. http://jurnal.amaypk.ac.id/index.php/jbma/article/view/78

Masriki, & Frinaldi, A. (2021). The Effect of Paylater and Free shipping on Purchasing decisions at Gandoriah Beach, Pariaman City. International Journal of Tourism, Heritage and Recreation Sport, 2(1), 9–14.

Maulidan, R. (2021). Pengaruh Atraksi Wisata Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Ke Paylater Waduk Darma Kabupaten Kuningan. Jurnal Manajemen Resort Dan Leisure, 14(2), 57–68.

Noviana Putra, I. G., Sudiarta, I. N., & Sasrawan Mananda, I. G. (2021). Pengaruh Paylater Dan Digital Marketing Terhadap Niat Berkunjung Kembali Wisatawan Mancanegara Ke Paylater Alas Pala Sangeh. Jurnal IPTA, 4(2), 1. https://doi.org/10.24843/IPTA.2016.v04.i02.p01

Pelayanan, P. K., Daya, D. A. N., Wisata, T., & Minat, T. (n.d.). Pengaruh Paylater, Free Ongkir, dan Paylater terhadap Keputusan Pembelian (.

Priyanto, R., & Hermawan, H. (2021). Pengaruh Paylater terhadap Digital Marketing serta Dampaknya terhadap Loyalitas : Studi di Ciater Spa Resort. https://doi.org/10.31219/osf.io/yevg6

Puniawan, I. M. E., & Sentosa, I. P. P. (2021). Pengukuran Tingkat Digital Marketing yang Berkunjung ke Desa Wisata Blimbingsari Jembrana, Bali. … Ekonomi Dan Pariwisata, 13(2). https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/pariwisata/article/view/379

Purwanti, A. A. (2021). Pengaruh Life Style, Free Ongkir Dan Store Image Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Astri. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Putri, D. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Honda Scoopy Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening

Pada PT. Hayati Pratama Mandiri Kab. Dharmasraya. 11(1), 92-105.

Qonitah, R., Hidayatullah, S., & Alvianna, S. (2021). The Effect Of Paylater On Purchasing decisions At Kayangan Api Tourism Place Bojonegoro District. 1(1), 166–175.

Rokhayah, E. G., & Ana Noor Andriana. (2021). Pengaruh Paylater, Free Ongkir, dan Aksesibilitas terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Pantai Istana Amal Kabupaten Penajam Paser Utara. Jurnal Kajian Dan Terapan Pariwisata, 2(1), 10–18. https://doi.org/10.53356/diparojs.v2i1.43

Saputra, E., & Ambiyar, A. (2021). Pengaruh Paylater dan Pengemasan Paylater Terhadap Keputusan Berkunjung Serta Dampaknya pada Digital Marketing di Museum Negeri Sonobudoyo Yogyakarta. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 6, 183. https://doi.org/10.24843/JUMPA.2019.v06.i01.p10

Sidanti, H. (2015). Pengaruh lingkungan kerja, disiplin kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai negeri sipil di sekretariat dprd kabupaten madiun. Jurnal JIBEKA, 9, 10.

Silvi. (2021). Pengaruh Pengalaman Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Digital Marketing Kerja Dengan Prestasi Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada Kantor Camat Selupu Rejang. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 14(2), 407–423.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

SUNNY, H. (2021). Pengertian Paylater Menurut Beberapa Ahli. HARDIANTI SUNNY.

Wibowo, R., Alvianna, S., Hidayatullah, S., Astuti, W., & Setioko, D. (2021). Analysis of the Influence of Tourist Destinations and Free shipping on Purchasing decisions Visiting the Jawa Timur Park in the New Normal Era. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 6(1), 295–300. www.ijisrt.com295

Widyaningsih, P., & Budhi, M. K. S. (2021). Pengaruh Keputusan Pembelian Pelanggan wisatawan terhadap penerimaan pajak hotel, pajak restoran dan pendapatan asli daerah. E-Jurnal EP Unud, 3(4), 155–163.


Keywords  :  
Galleys  :  
Published  :  
2025-11-30
How to Cite  :  
Saputri, J., Kumbara, V. B., & Putri, D. A. (2025). PENGARUH PAYLATER DAN FREE ONGKIR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PELANGGAN MELALUI DIGITAL MARKETING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KONSUMEN E-COMMERCE SHOPEE. Jurnal Bisnis Digital, 3(2), 171–184. https://doi.org/10.52060/j-bisdig.v3i2.3494
Issue  :