PENGARUH HARGA DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT BELI ULANG GAS LPG 3 MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN

Nur Halimah ( Universitas Putra Indonesia ‘YPTK” Padang, Indonesia )
Ronni Andri Wijaya ( Universitas Putra Indonesia ‘YPTK” Padang, Indonesia )
Della Asmaria Putri ( Universitas Putra Indonesia ‘YPTK” Padang, Indonesia )

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga dan kepercayaan terhadap minat beli ulang gas LPG 3 kg dengan keputusan pembelian sebagai variabel intervening pada PT. Mitra Agung Tama Abadi di Sawahlunto. Pengumpulan data dilakukan melalui survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden. Metode analisis yang digunakan adalah structural equation modeling (SEM) dengan bantuan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Selain itu, harga dan kepercayaan juga berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang, baik secara langsung maupun melalui keputusan pembelian. Keputusan pembelian terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli ulang. Dengan demikian, keputusan pembelian memediasi pengaruh harga dan kepercayaan terhadap minat beli ulang

References

Andriyanti, E., & Farida, S. N. (2022). Pengaruh Viral Marketing Shopee Affiliate, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Shopee Indonesia (Studi Pada Generasi Z Pengguna Tiktok Di Sidoarjo). Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Universitas Multi Data Palembang, 11(2), 228–241.

Anggraeni, A. R., & Soliha, E. (2020). Kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang). Al Tijarah, 6(3), 96–107. https://doi.org/10.21111/tijarah.v6i3.5612

Anggraini, N., Barkah, Q., & Hartini, T. (2020). Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek Produk Rabbani Di Palembang. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 4(1), 26. https://doi.org/10.31851/neraca.v4i1.4176

Dista, R. (2023). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Interverning.

M, A. (2020). Pengantar Manajemen Pemasaran. Deepublish. https://doi.org/10.53640/jemi.v21i2.962

Musfar, T. F. (2020). Manajemen Pemasaran. CV. Media Sains Indonesia.

Narotama Sunardi, P., Regita Sari, P., & Cahyani, R. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli: Kualitas Produk Dan Harga (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(3), 302–315. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i3.833

Putra, M. F. E., Wahab, Z., Shihab, M. S., & Widiyanti, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Konsumen Corporate dalam Menggunakan TV Berlangganan MNC Vision di Kota Palembang. AMAR (Andalas Management Review), 4(2), 1–15. https://doi.org/10.25077/amar.4.2.1-15.2020

Putri, D. A. (2024). Pengaruh Harga dan Keputusan Pembelian terhadap Loyalitas Pelanggan Minyak Goreng Bimoli Melalui Minat Beli sebagai Variabel Intervening pada Toko Grosir.

Putri, P. M. (2022). Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Online. 5(1), 25–36. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.510

Rega, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Interverning.

Reksa, D. (2023). Pengaruh Kepercayaan, Harga, Dan Promosi Terhadap Minat Beli Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Interverning.

Safitri, A. L. (2022). Pengaruh Persepsi Risiko, Kualitas Situs Web dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Fashion di Masa Pandemi Covid-19 (Studi pada Pelanggan Zalora.co.id di Kota Semarang). 1(1), 26–35. https://doi.org/10.33633/jekobs.v1i1.6987

Sayyid, M. (2020). Strategi Pemasaran Bisnis Farmasi. . Zifatma Jawara.

Setiagraha, D., Wahab, Z., Shihab, M. S., & Susetyo, D. (2021). Effect of word of mouth, price perception, and product quality on purchase decision pempek the local culinary products in palembang city. International Journal of Social Sciences, 4(1), 52–59. https://doi.org/10.31295/ijss.v4n1.1125

Setyawati, A. (2022). Manajemen Pemasaran di Era Bisnis Serba Cepat. Media Nusa Creative.

Silalahi, R. (2023). Ekonomi Digital Perkembangan Bisnis Digital, Pemasaran Digital, Ecommerce, Fintech Berbasis Syariah dan Homoislamicus dalam Perilaku Konsumen. CV. Merdeka Kreasi Group.

Sukri, S. A. (2020). Basic Marketing Strategy. Forum Pemuda Aswaja.

Wijaya, G. E., & Kuswoyo, C. (2022). Pengaruh kemenarikan desain website dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen Shopee. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 6(1), 115. https://doi.org/10.33603/jibm.v6i1.6468

Zain, D. (2023). Manajemen Pemasaran. Get Press Indonesia.


Keywords  :  
Keywords: Harga, Kepercayaan, Keputusan Pembelian, Minat Beli
Galleys  :  
Published  :  
2025-11-30
How to Cite  :  
Halimah, N., Wijaya, R. A., & Putri, D. A. (2025). PENGARUH HARGA DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT BELI ULANG GAS LPG 3 MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Bisnis Digital, 3(2), 95–110. https://doi.org/10.52060/j-bisdig.v3i2.3486
Issue  :