PENGARUH CITRA MEREK DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN
Abstract
Pengaruh Citra Merek Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada KFC Ahmad Yani Padang (Studi Kasus Pada Mahasiswa UPI “YPTK” Padang Khusus Jurusan Manajemen Angkatan 2021. Penelitian ini adalah model Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat bantu analisis SmartPLS 3.0. Populasi dan sampel penelitian ini adalah Mahasiswa Manajemen UPI “YPTK” Padang angkatan 2021. Hasil penelitian menemukan Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Promosi Penjualan terhadap Kepuasan Pelanggan. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian. Terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan antara Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kepuasan Pelanggan terhadap Keputusan Pembelian. Kepuasan Pelanggan mampu memediasi Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian. Kepuasan Pelanggan mampu memediasi Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian.
References
Anjela, R., Rosiana, M., Widiastuti, E., & Candhratrilaksita, W. (2022). THE EFFECT OF Product quality ON Purchasing decisions MEDIATED BY ( Case Study in Taman Wisata Bukit Asri Desa Windujaya ). 665-675.
Apriliyanti, E., Hudayah, S., & Za, S. Z. (2020). Pengaruh Citra Merek , Citra Merek dan Sarana Wisata Terhadap Kepuasan Pelanggan Citra Niaga Sebagai Pusat Cerminan Budaya Khas Kota Samarinda Purchasing decisions of Commercial Images As a Center of Cultural Reflection Typical of Samarinda City. Jurnal Manajemen, 12(1), 145-153. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/Jurnalmanajemen
Ariesta, D., Sukotjo, E., & Suleman, N. R. (2020). The effect of attraction, accessibility and facilities on destination images and it's impact on Number Of Visits in the marine tourism of the wakatobi regency. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3), 6605-6613.
Auliq, M. A., Sularso, R. A., & Isnarno, E. (2022). Impact of the Quality of Tourist Attraction and Promotion on Number Of Visits with Visiting Decisions as Intervening Variables. 5(29), 286-296.
https://doi.org/10.32535/jicp.v5i1.1478
Bahar, A. M., Maizaldi, M., Putera, N., Widiestuty, R., Chaniago, S., & Eliza, Y. (2020). The Effect of Tourism Facilities, Citra Merek and Promotion of Purchasing decisions in South Pesisir District. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 5(1), 5. https://doi.org/10.33087/jmas.v5i1.141
https://doi.org/10.33087/jmas.v5i1.141
Dewi, D. L., Indrawati, L. R., Septiani, Y., Ekonomi, F., & Tidar, U. (2020). Jumlah Objek Wisata , Jumlah Hotel , Dan Jumlah Penduduk Terhadap Pendapatan Asli Daerah ( Pad ) Di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2014-2021. 2(3), 647-658.
https://doi.org/10.24036/jmpe.v3i2.8763
Fajriani, R., Kamilia, T., Saribanon, E., & Prasidi, A. (2020). the Effect of Citra Merek and Facilities on Purchasing decisions in Soekarno-Hatta International Airport Check-in At New Normal Era in 2020. Journal of Global Research on Sustainable Transportation and Logistics, 2, 195-202. proceedings.itltrisakti.ac.id/index.php/altr
Hamid, D. (2014). Terhadap Prestasi Kerja Karyawan ( Studi Pada Karyawan Tetap Pt . Pabrik Gula Toelangan Sidoarjo ). 15(2), 1-8.
Hermawan, H. (2021). Pengaruh Citra Merek , Keselamatan , Dan Sarana Wisata Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Wisatawan : Studi Community Based Tourism Di Gunung Api Purba Nglanggeran. 15.
https://doi.org/10.36276/mws.v15i1.57
Indrayanto, A., & Nugroho, S. W. D. (2021). Pengaruh Pelatihan Terhadap Komitmen Organisasional dengan Organisational Based Self Esteem sebagai variabel Mediasi. 41-50.
Jufri, S., Anggareni, L., & Sasongko, H. (2022). The Effect of The Tourist Attraction and Tourism Office Budget on Number Of Visits to The Bogor District. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 8(2), 362-371. https://doi.org/10.17358/jabm.8.2.362
https://doi.org/10.17358/jabm.8.2.362
Kabu, M. (2021). Pengaruh Citra Merek dan aksesibilitas. Jurnal Tourism, 2(1), 24-31.
https://doi.org/10.32511/tourism.v2i1.316
Kalebos, F. (2021). Faktor Faktor Yang ….. ( Kalebos) 489. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajem, 4, 489-502.
Kirom, N. R., . S., & Adi Putra, I. W. J. (2021). The Influence of Tourist Attractions Towards the Tourists' Satisfaction. KnE Social Sciences, 3(3), 270. https://doi.org/10.18502/kss.v3i3.1889
https://doi.org/10.18502/kss.v3i3.1889
Anjela, R., Rosiana, M., Widiastuti, E., & Candhratrilaksita, W. (2022). THE EFFECT OF Product quality ON Purchasing decisions MEDIATED BY ( Case Study in Taman Wisata Bukit Asri Desa Windujaya ). 665-675.
Apriliyanti, E., Hudayah, S., & Za, S. Z. (2020). Pengaruh Citra Merek , Citra Merek dan Sarana Wisata Terhadap Kepuasan Pelanggan Citra Niaga Sebagai Pusat Cerminan Budaya Khas Kota Samarinda Purchasing decisions of Commercial Images As a Center of Cultural Reflection Typical of Samarinda City. Jurnal Manajemen, 12(1), 145-153. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/Jurnalmanajemen
Ariesta, D., Sukotjo, E., & Suleman, N. R. (2020). The effect of attraction, accessibility and facilities on destination images and it's impact on Number Of Visits in the marine tourism of the wakatobi regency. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3), 6605-6613.
Auliq, M. A., Sularso, R. A., & Isnarno, E. (2022). Impact of the Quality of Tourist Attraction and Promotion on Number Of Visits with Visiting Decisions as Intervening Variables. 5(29), 286-296.
https://doi.org/10.32535/jicp.v5i1.1478
Bahar, A. M., Maizaldi, M., Putera, N., Widiestuty, R., Chaniago, S., & Eliza, Y. (2020). The Effect of Tourism Facilities, Citra Merek and Promotion of Purchasing decisions in South Pesisir District. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 5(1), 5. https://doi.org/10.33087/jmas.v5i1.141
https://doi.org/10.33087/jmas.v5i1.141
Dewi, D. L., Indrawati, L. R., Septiani, Y., Ekonomi, F., & Tidar, U. (2020). Jumlah Objek Wisata , Jumlah Hotel , Dan Jumlah Penduduk Terhadap Pendapatan Asli Daerah ( Pad ) Di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2014-2021. 2(3), 647-658.
https://doi.org/10.24036/jmpe.v3i2.8763
Fajriani, R., Kamilia, T., Saribanon, E., & Prasidi, A. (2020). the Effect of Citra Merek and Facilities on Purchasing decisions in Soekarno-Hatta International Airport Check-in At New Normal Era in 2020. Journal of Global Research on Sustainable Transportation and Logistics, 2, 195-202. proceedings.itltrisakti.ac.id/index.php/altr
Hamid, D. (2014). Terhadap Prestasi Kerja Karyawan ( Studi Pada Karyawan Tetap Pt . Pabrik Gula Toelangan Sidoarjo ). 15(2), 1-8.
Hermawan, H. (2021). Pengaruh Citra Merek , Keselamatan , Dan Sarana Wisata Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Wisatawan : Studi Community Based Tourism Di Gunung Api Purba Nglanggeran. 15.
https://doi.org/10.36276/mws.v15i1.57
Indrayanto, A., & Nugroho, S. W. D. (2021). Pengaruh Pelatihan Terhadap Komitmen Organisasional dengan Organisational Based Self Esteem sebagai variabel Mediasi. 41-50.
Jufri, S., Anggareni, L., & Sasongko, H. (2022). The Effect of The Tourist Attraction and Tourism Office Budget on Number Of Visits to The Bogor District. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 8(2), 362-371. https://doi.org/10.17358/jabm.8.2.362
https://doi.org/10.17358/jabm.8.2.362
Kabu, M. (2021). Pengaruh Citra Merek dan aksesibilitas. Jurnal Tourism, 2(1), 24-31.
https://doi.org/10.32511/tourism.v2i1.316
Kalebos, F. (2021). Faktor Faktor Yang ….. ( Kalebos) 489. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajem, 4, 489-502.
Kirom, N. R., . S., & Adi Putra, I. W. J. (2021). The Influence of Tourist Attractions Towards the Tourists' Satisfaction. KnE Social Sciences, 3(3), 270. https://doi.org/10.18502/kss.v3i3.1889
https://doi.org/10.18502/kss.v3i3.1889
Kristiutami, Y. P. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Museum Geologi Bandung. Pariwisata, 4(2), 53-62. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp
Listyawati, I. H. (2021). Pengaruh Promosi Penjualan, Citra Merek, dan Kepusan Terhadap Loyalitas Wisatawan. Jurnal Manajemen Administrasi, VI(2), 35-44. http://jurnal.amaypk.ac.id/index.php/jbma/article/view/78
Masriki, & Frinaldi, A. (2021). The Effect of Citra Merek and Facilities on Purchasing decisions at Gandoriah Beach, Pariaman City. International Journal of Tourism, Heritage and Recreation Sport, 2(1), 9-14.
Maulidan, R. (2021). Pengaruh Atraksi Wisata Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Ke Citra Merek Waduk Darma Kabupaten Kuningan. Jurnal Manajemen Resort Dan Leisure, 14(2), 57-68.
Noviana Putra, I. G., Sudiarta, I. N., & Sasrawan Mananda, I. G. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Niat Berkunjung Kembali Wisatawan Mancanegara Ke Citra Merek Alas Pala Sangeh. Jurnal IPTA, 4(2), 1. https://doi.org/10.24843/ipta.2021.v04.i02.p01
https://doi.org/10.24843/IPTA.2016.v04.i02.p01
Pelayanan, P. K., Daya, D. A. N., Wisata, T., & Minat, T. (n.d.). Pengaruh Citra Merek, Promosi Penjualan, dan Citra Merek terhadap minat berkunjung ulang (.
Priyanto, R., & Hermawan, H. (2021). Pengaruh Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan serta Dampaknya terhadap Loyalitas : Studi di Ciater Spa Resort. https://doi.org/10.31219/osf.io/yevg6
https://doi.org/10.31219/osf.io/yevg6
Puniawan, I. M. E., & Sentosa, I. P. P. (2021). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan yang Berkunjung ke Desa Wisata Blimbingsari Jembrana, Bali. … Ekonomi Dan Pariwisata, 13(2). https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/pariwisata/article/view/379
Purwanti, A. A. (2021). Pengaruh Life Style, Promosi Penjualan Dan Store Image Terhadap Keputusan Pembelian Astri. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689-1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Qonitah, R., Hidayatullah, S., & Alvianna, S. (2021). The Effect Of Product quality On Purchasing decisions At Kayangan Api Tourism Place Bojonegoro District. 1(1), 166-175.
Rokhayah, E. G., & Ana Noor Andriana. (2021). Pengaruh Citra Merek, Promosi Penjualan, dan Aksesibilitas terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Pantai Istana Amal Kabupaten Penajam Paser Utara. Jurnal Kajian Dan Terapan Pariwisata, 2(1), 10-18. https://doi.org/10.53356/diparojs.v2i1.43
https://doi.org/10.53356/diparojs.v2i1.43
Saputra, E., & Ambiyar, A. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Pengemasan Citra Merek Terhadap Keputusan Berkunjung Serta Dampaknya pada Kepuasan Pelanggan di Museum Negeri Sonobudoyo Yogyakarta. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 6, 183. https://doi.org/10.24843/jumpa.2021.v06.i01.p10
https://doi.org/10.24843/JUMPA.2019.v06.i01.p10
Sidanti, H. (2015). Pengaruh lingkungan kerja, disiplin kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai negeri sipil di sekretariat dprd kabupaten madiun. Jurnal JIBEKA, 9, 10.
Silvi. (2021). Pengaruh Pengalaman Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Pelanggan Kerja Dengan Prestasi Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada Kantor Camat Selupu Rejang. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 14(2), 407-423.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
SUNNY, H. (2021). Pengertian Citra Merek Menurut Beberapa Ahli. HARDIANTI SUNNY.
Wibowo, R., Alvianna, S., Hidayatullah, S., Astuti, W., & Setioko, D. (2021). Analysis of the Influence of Tourist Destinations and Facilities on Purchasing decisions Visiting the Jawa Timur Park in the New Normal Era. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 6(1), 295-300. www.ijisrt.com295
Widyaningsih, P., & Budhi, M. K. S. (2021). Pengaruh Keputusan Pembelian wisatawan terhadap penerimaan pajak hotel, pajak restoran dan pendapatan asli daerah. E-Jurnal EP Unud, 3(4), 155-163.
| Keywords | : |
Keywords:
Citra Merek, Promosi Penjualan, Kepuasan Pelanggan dan Keputusan Pembelian
|
| Galleys | : | |
| Published | : |
2025-11-30
|
| How to Cite | : |
Abdilla, F., Salim, E., & Nadilla, N. (2025). PENGARUH CITRA MEREK DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN. Jurnal Bisnis Digital, 3(2), 61–78. https://doi.org/10.52060/j-bisdig.v3i2.3469
|
| Issue | : |



