PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA EIGER STORE BUKITTINGGI

Nouval Abbian Akbar ( Universitas Putra Indonesia ‘YPTK” Padang, Indonesia )
Emil Salim ( Universitas Putra Indonesia ‘YPTK” Padang, Indonesia )
Nia Nadilla ( Universitas Putra Indonesia ‘YPTK” Padang, Indonesia )

Abstract

Peneltian ini bertujuan  untuk mengetahui seberapa besar pembahasan Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Eiger Store Bukittinggi. Data yang digunakan adalah data primer. Populasi penelitian ini adalah masyarakat yang berkunjung atau pengguna pada Eiger Store Kota Bukittinggi. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling, sampel penelitian ini berjumlah 72 responden. Metode analisis yang digunakan adalah Structure Equation Modeling (SEM) dengan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian yang didapatkan berdasarkan uji hipotesis : (a) Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (b) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (c) Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli (d) Harga berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Minat Beli (e) Kepuasan Pelanggan berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Minat Beli (f) Kepuasan Pelanggan tidak mampu memediasi secara tidak signifikan pengaruh Kualitas Produk terhadap Minat Beli (g) Kepuasan Pelanggan tidak mampu memediasi secara tidak signifikan pengaruh Harga terhadap Minat Beli.

References

Abdul Kohar Septyadi, M., Salamah, M., & Nujiyatillah, S. (2022). Literature Review Keputusan Pembelian Dan Minat Beli Konsumen Pada Smartphone: Harga Dan Promosi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 301–313. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.876

Anastasia, T. I. (2022). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Manfaat, Persepsi Harga, Risiko, Terhadap Minat Bei Pada Situs Belanja Online. Braz Dent J., 33(1), 1–12.

Anastasia, T. I., & Suwarno, A. E. (2022). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Manfaat, Presepsi Harga, Risiko, Terhadap Minat Beli Pada Situs Belanja Online (Studi Empiris Pada Ma hasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta). Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 4, 377–384.

Ardana, S. M., Hanifah, I. H., Chaliftah, D., & Viana4, R. O. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Minat Beli Pada Live Streaming Marketing Shopee Pada Akun Jasmine Jilbab (Studi Pada Pengguna Aplikasi Shopee Di Kota Surabaya). Mufakat, 1. http://jurnal.anfa.co.id/index.php/mufakat

Ariyanti, W. P., Hermawan, H., & Izzuddin, A. (2022). Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(1), 85–94. https://doi.org/10.37606/publik.v9i1.257

Fita, M., & Suhardi, Y. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Wifi.Id. 1–7.

Gultom, D. K., Arif, M., & Muhammad Fahmi. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan. Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan, 3(2), 273–282.

Kasman, Abdillah, D. J., & Yusuf, M. (2023). Minat Beli Konsumen Marketplace Lazada. Jurnssl Economina, 2(9), 2274–2293. https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.810

Lestari, E. D., & Gunawan, C. (2021). Pengaruh E-Wom Pada Media Sosial Tiktok Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Pada Minat Beli. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan …, 1(2), 75–82. https://www.embiss.com/index.php/embiss/article/view/12%0Ahttps://www.embiss.com/index.php/embiss/article/download/12/10

Lestari, S. I. (2021). PENGARUH PRICE DAN PRODU QUALITY TERHADAP MINAT BELI RODUK FARLY SHOP DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM. Pharmacognosy Magazine, 75(17), 399–405.

Mahendra, R. R. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK, ONLINE MARKETING, ELECTRONIC WORD of MOUTH, DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI PRODUK FELLAS.CO. Performa, 6(3), 255–264. https://doi.org/10.37715/jp.v6i3.2528

Nizam Ulul Azmy, & Yustina Chrismardani. (2023). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. GEMILANG: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 4(1), 224–236. https://doi.org/10.56910/gemilang.v4i1.1034

Nurfauzi, Y., Taime, H., Hanafiah, H., Yusuf, M., Asir, M., Majenang, S., Jambatan Bulan, S., Bina Bangsa, U., Bandung, S., & Makassar, I. (2023). Literature Review: Analysis Of Factors Influencing Purchasing Decisions, Product Quality And Competitive Pricing Literature Review: Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk dan Harga Kompetitif. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(1), 183–188. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Olimsar, F., & Tialonawarmi, F. (2023). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Kembali Di Aplikasi Shopee Serta Dampaknya Pada Keunggulan Bersaing. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 6(2), 2446–2456. https://doi.org/10.31539/costing.v6i2.5729

Pratiwi, A., Junaedi, D., & Prasetyo, A. (2021). Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen: El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 2(2), 150–160. https://doi.org/10.47467/elmal.v2i2.473

Puji, P. M., Della Saputri, Aprianti, Devi Arisandi, Putri Wahyu Ikasanti, & Wahyuni, T. (2021). Pengaruh Harga & Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Masyarakat. E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 14(1), 91–102. https://doi.org/10.51903/e-bisnis.v14i1.370

Sambodo Rio Sasongko. (2021). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 104–114. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1.707

Susanto, Y., & Realize, R. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen pada PT Ndexindo Mandiri Indonesia. ECo-Buss, 5(2), 508–518. https://doi.org/10.32877/eb.v5i2.459

Suwikromo, R. M., Soegoto, A. S., & Ogi, I. W. . (2022). Analisis Kualitas Produk Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Pt. Air Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 410. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.42278

Taan, H. (2021). Kemudahan Penggunaan dan Harga Terhadap Minat Beli Online Konsumen. Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 8(1), 29–30.


Keywords  :  
Keywords: Kualitas Produk, Harga, Minat Beli, Kepuasan Pelanggan
Galleys  :  
Published  :  
2025-11-30
How to Cite  :  
Abbian Akbar, N., Salim, E., & Nadilla , N. (2025). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA EIGER STORE BUKITTINGGI. Jurnal Bisnis Digital, 3(2), 48–60. https://doi.org/10.52060/j-bisdig.v3i2.3362
Issue  :