PENGARUH CUSTOMER REVIEW, CITRA MEREK DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPERCAYAAN SEBGAI VARIABEL INTERVENING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Customer Review, Citra Merek dan Persepsi Risiko terhadap Keputusan Pembelian dengan Kepercayaan sebagai variabel Intervening. Dalam penelitian ini menggunakan alat analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan Partial Least Square (PLS). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang memesan makanan online Go-Food di aplikasi Go-jek di Kota Padang dengan populasi yang tidak diketahui jumlahnya dan dapat dikatakan dalam kategori tak terhingga sehingga menentukan sampelnya menggunakan rumus Lemeshow. Sehingga sampel yang didapat sebanyak 96 orang.
Hasil uji validitas pada 96 responden menujukkan bahwa variabel keputusan pembelian dengan 10 butir pernyataan menghasilkan R sebesar 0.595 tergolong moderat, hasil tersebut menjelaskan bahwa dipengaruhi oleh customer review, citra merek dan persepsi risiko. Sementara variabel kepercayaan dengan 6 butir pernyataan menghasilkan R sebesar 0.607 tergolong moderate (sedang), hal tersebut ,menjelaskan bahwa dipengaruhi oleh customer review, citra merek dan persepsi risiko dan keputusan pembelian.
References
Aji, D. S. K., Setyawati, S. M., & Rahab, R. (2020). Analisis Pengaruh Religiosity, Service Quality Dan Image Terhadap Customer Loyalty Dengan Trust Sebagai Mediasi Dimas Setiyo Kusuma Aji 1* , Sri Murni Setyawati 2 , Rahab Rahab 1 1. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi (JEBA), 22(1), 78–94.
Aulia, D. V., Sulastri., & Maulana, A. (2024). Pengaruh Brand Image, Brand Trust dan E-Wom terhadap Keputusan Pembelian Makanan Menggunakan Jasa Shopeefood di Kota Palembang. 6(1), 133–146. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i6.157
Banurea, L. A., Malau, A. R., Silaban, P. H., & Sipayung, L. D. (2023). Analisis SEM pada Online Customer Review dan Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan Konsumen. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 16(2), 400–406.
Bayu Pradika, D., & SE, M.Si., D. E. P. S. (2022). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Serta Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online di Tokopedia. 72.
Brilliany, E. A. P. W. N. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser , Citra Merek Dan Kepercayaan Merek. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 72–77. https://doi.org/10.55606/jurima.v2i1.153
Canestren & Saputri. (2020). 14958-Article Text-29272-1-10-20210728. 1.
Destamar, D. L., Aryani, L., & Pusporini. (2021). Analisis keputusan pembelian pada pengguna aplikasi gojek fitur gofood. Prosiding Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2(1), 1744–1758.
Disastra, D., & Novita, D. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas Merek (Studi Pada Pengguna Sepeda Motor di Bandar Lampung). SMART: Strategy of Management and Accounting through Research and Technology, 2(1), 55–66. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/smart/issue/archive
Ekonomi Dan Perbankan, J., Kepercayaan, P., Terhadapokeputusanopembelianodioshopee Yosephine Angelina, Kualitas., Widianto, T., & Iskandar, D. (2022). The Role Of Trust, Quality Of Information And Risk Perception Of Purchase Decisions In Shopee (Case Study on Solo Raya Society). 7(2), 224–230. http://e-journal.stie-aub.ac.id/index.php/probank https://doi.org/10.36587/probank.v7i2.1380
Febrianty, E., Pudjoprastyono, H., & Ariescy, R. R. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone: Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(2), 2870–2881. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i2.4227
Hanan, E. N., Silviana, D. A., Noorend, F. M., & Abdullah, M. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Gojek WilayahJakarta. Manajemen Dirgantara, 17(1), 235–249. https://jurnal.sttkd.ac.id/
Lestari, W., Lukitaningsih, A., & Hutami, L. T. H. (2022). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Price Consciousness terhadap Keputusan Pembelian. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(6), 2358–2368. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i6.2306
Mananekke, L., & Maramis, I. (2022). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Mediasi Oleh Kepercayaan Pelanggan Apotek Mercke’Lkolongan. Jurnal EMBA, 10(1), 39–48. https://doi.org/10.55606/jurimbik.v1i2.118
Mita Istinawati, & R.A. Nurlinda. (2024). Pengaruh Online Customer Review, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Maeswara : Jurnal Riset Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 131–153. https://doi.org/10.61132/maeswara.v2i2.750
Mutiara, M., & Wibowo, I. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 8(2), 10–20. https://doi.org/10.35137/jmbk.v8i2.419
Nofiana, I., Samari, & Sardanto, R. (2022). Analisis Harga, Online Customer Review, Dan Kepercayaan. Simposium Manajemen Dan Bisnis, 874–884.
Novitasari, I., & Hidayati, R. (2023). analisis kepercayaan konsumen, persepsi kemudahan penggunaan, dan persepsi risiko terhadap keputusan pembelian e-commerce (Studi Empiris Pada Konsumen Lazada di Semarang). Diponegoro Journal of Management, 12(1), 1–14. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Nurkamiden, S., Wolok, T., & Ismail, Y. L. (2024). Pengaruh Online Customer Review Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Shopee Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Negeri Gorontalo. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 7(1), 107–117.
Oktalihadi, V., & Hidayat, R. (2018). Analisis Tingkat Adopsi Teknologi Transportasi Online ( Studi Kasus Gojek Padang Tahun 2018 ). E-Proceeding of Applied Science, 4(3), 897–905.
Ovaliana, W. D., & Mahfudz. (2022). Pengaruh Online Customer Review dan Customer Rating Terhadap Kepercayaan Konsumen dan Keputusan Pembelian Make Over pada Marketplace Shopee di Kota Semarang. Diponegoro Journal of Management, 11(3), 1–12. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Panji Ragatirta, L. P., & Tiningrum, E. (2020). Pengaruh Atmosphere Store, Desain Produk, Dan Citra Merek Terhadap. Excellent, 7(2), 143–152. https://doi.org/10.36587/exc.v7i2.793
Putri, W., & Harti, H. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan Konsumen Pada Produk Scarlett. Jurnal Dimensi, 11(2), 346–363. https://doi.org/10.33373/dms.v11i2.4143
Raiyan, M., & Siregar, M. R. (2021). Pengaruh Persepsi Risiko, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Variabel Kepercayaan pada Pengguna Jasa Angkutan Gojek Di Banda Aceh pada Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 6(1), 150–164. http: jim.unsyiah.ac.id/ekm
Ryana, R. M., & Haryanto, H. (2023). Pengaruh identitas merek, citra merek, kualitas produk, kualitas layanan terhadap niat beli produk di coffee shop Batam dengan kepercayaan konsumen sebagai mediasi. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(4), 3629–3641. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Safitri, K., & Widiati, E. (2022). Pengaruh Online Customer Review, Rating, dan Kepercayaan terhadap Niat Beli Konsumen pada Aplikasi Tokopedia. Manajerial: Jurnal Manajemen Dan Sistem Informasi, 21(2), 153–160. http://ejournal.upi.edu/index.php/manajerial/https://doi.org/10.17509/manajerial.v21i2.47787
Wadud Ubaidillah, S. (2023). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasiswa Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Universitas Trunojoyo Madura). Management Studies, 17(1), 1–23. https://doi.org/10.21107/kompetensi.v17i1.19644
Waro, S. S., & Widowati, M. (2020). “Pengaruh Kepercayaan, Celebrity Endorser, dan Persepsi Risiko terhadap Keputusan Pembelian Pengguna E-Commerce di Kota Semarang.” Prosiding Seminar Nasional Unimus, 3, 1084–1095. http://prosiding.unimus.ac.id
Wdhiaswara, A. I., & Soesanto, H. (2020). Analisis pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi risiko terhadap keputusan pembelian dengan kepercayaan sebagai variabel intervening (studi pada konsumen gofood di kota semarang). XIX(2), 114–125. https://doi.org/10.14710/jspi.v19i2.114-125
Wijaya, V. T., & Pahar, B. H. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, dan Keamanan Privasi Terhadap Keputusan Pengguna Gojek. BIP’s Jurnal Bisnis Perspektif, 14(1), 1–10. https://doi.org/10.37477/bip.v14i1.241
| Keywords | : |
Keywords:
Customer Review, Citra Merek, Persepsi Risiko, Keputusan Pembelian, Kepercayaan
|
| Galleys | : | |
| Published | : |
2025-11-30
|
| How to Cite | : |
Ananda Putri, F., Yulasmi, & Perdana Oscar, D. (2025). PENGARUH CUSTOMER REVIEW, CITRA MEREK DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPERCAYAAN SEBGAI VARIABEL INTERVENING . Jurnal Bisnis Digital, 3(2), 01–16. https://doi.org/10.52060/j-bisdig.v3i2.2860
|
| Issue | : |



