PERAN CITRA DESTINASI, CITY BRANDING, E-WOM DAN TRAVEL CONSTRAINST PADA KEPUTUSAN BERKUNJUNG OBJEK WISATA CAROCOK PAINAN

Della Asmaria Putri ( Universitas Putra Indonesia ‘YPTK” Padang )
Muhammad Pondrinal ( Universitas Putra Indonesia ‘YPTK” Padang )
Idris Saputra ( Universitas Putra Indonesia ‘YPTK” Padang )
Vivi Yosefri Yanti ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa besar Peran Citra Destinasi, City Branding, E-Wom Dan Travel Constrainst Pada Keputusan Berkunjung Objek Wisata Carocok Painan Kabupaten Pesisir Selatan. Metode pengumpulan data melalui survei dan mengedarkan kuisioner, dengan sampel 100 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS. Hasil penelitian yang didapatkan berdasarkan Uji Parsial (Uji t) diperoleh pengaruh yang posistif dan signifikan antara Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian. Terdapat pengaruh yang posistif dan signifikan antara Harga terhadap Keputusan Pembelian. Terdapat pengaruh yang posistif dan signifikan antara Lokasi terhadap Keputusan Pembelian. Terdapat pengaruh yang posistif dan signifikan antara Promosi terhadap Keputusan Pembelian. Terdapat pengaruh yang posistif dan signifikan antara Kualitas Produk, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian. Kontibusi persentase sumbangan variabel independen Kualitas Produk (X1), Harga (X2), Lokasi (X3) dan Promosi (X4) berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen Keputusan Pembelian (Y) adalah sebesar 0,811 atau 81,1%. Sedangkan sisanya adalah sebesar 0,189 atau 18,9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.

References

Aisha, N. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Citra Merek PT Bank SUMUT Pada Nasabah PT Bank SUMUT Cabang Medan Iskandar Muda. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 8(2), 736–748. Https://Doi.Org/10.33059/Jseb.V8i2.431

Aisha, N., & Kurnia, E. (2018). Pengaruh Kuantitas Pelayanan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Citra Merek Pada Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 9(2), 128–137. Https://Doi.Org/10.33059/Jseb.V9i2.761

Alma, B. (2017). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.

Ansofino. (2016). Ajar Ekonometrika. Deepublish.

Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Cetakan Kelimabelas. Pt Asdi Mahasatya.

Armayani, A., & Jatra, I. M. (2019). Peran Brand Image Memediasi Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(8), 5222. Https://Doi.Org/10.24843/Ejmunud.2019.V08.I08.P20

Budianto, Y. P., & Budiatmo, A. (2019). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi. Diponegoro Journal Of Social And Politic, 1–10.

García Reyes, L. E. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Daya Saing Destinasi Dan Pengalaman Sebelumnya Terhadap Keputusan Berkunjung Kembali Dengan Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699.

Ghozali, I. (2015). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 21 Update Pls Regresi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Istikhomah, D., & Susanta, H. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Berkunjung Kembali Melalui Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening Pada Pengunjung Ekowisata Taman Air Indonesia, Tlatar, Kabupaten Boyolali. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 1. Https://Ejournal3.Undip.Ac.Id/Index.Php/Jiab/Article/View/24831/22181

Kanuk, L. L. (2016). Perilaku Konsumen.Indonesia. Pt Macanan Jaya Cemerlang.

Kotler, Philip And Amstrong, G. (2014). Principle Of Marketing. 15th Edition. Prentice-Hall Published.

Kotler, Philip And Keller, K. L. (2014). Manajemen Pemasaran, Jilid I Dan Ii, Edisi Ke-11. Pt Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip And Keller, K. L. (2016). No Titlemarketing Management, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Parapat, D. (2018). Pengaruh, Lokasi, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Museum Sultan Mahmud Badarudin Ii Palembang. E-Journal Stie Mdp Palembang, X, 1–11. Https://Core.Ac.Uk/Download/Pdf/153523872.Pdf

Qomariah, N. (2020). Pengaruh Word Of Mouth Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Running Korean Street Food Di Mall Plaza Mulia Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul, 8(1), 35–45. Http://E-Journals.Unmul.Ac.Id/Index.Php/Jadbis/Article/View/3153

Rahim, R. (2018). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Wisatawan Untuk Berkunjung Ke Daya Tarik Wisata Ladaya Kutai Kartanegara. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 5(1), 1–15.

Riduwan. (2017). Metode Dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Alfabeta.

Saputra, E., & Ambiyar, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Pengemasan Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Serta Dampaknya Pada Kepuasan Wisatawan Di Museum Negeri Sonobudoyo Yogyakarta. Jurnal Master Pariwisata (Jumpa), 6, 183.

Setyawati, H. A., & Kartinah, S. (2017). Penerapan Green Marketingmelalui Desain Produk Dan Promosi Terhadap Brand Image Dan Keputusan Pembelian. 10(2), 16–26.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (Edisi Revisi). Alfabeta.

Sunyoto. (2018). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Caps (Canter For Academic Publishing Service).

Suryanata, I. G. N. P. (2020). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Brand Image Grab Dengan Kepuasan Konsumen. Jupe, 08(1), 86–94.

Susanto, A. (2019). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Nusantara Ke Sari Ater Hotel & Resort, Subang. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas Dan Perjalanan, 3(2), 88–97. Https://Doi.Org/10.34013/Jk.V3i2.34

Swastha, Bashu Dan Handoko, H. (2016). Majemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen. Bpfe.

Tjiptono, F. (2016). Pemasaran. Cv. Andi Offset.

Umar, H. (2017). Deasain Penelitian Mcdm Dan Prilaku Karyawan. Pt Rajagrafindo Persada.


Keywords  :  
Keywords: Citra Destinasi, City Branding, E-WOM, Travel Constrainst, Keputusan Pengunjung
Galleys  :  
Published  :  
2023-12-09
How to Cite  :  
Putri, D. A., Pondrinal, M., Saputra, I., & Yanti, V. Y. (2023). PERAN CITRA DESTINASI, CITY BRANDING, E-WOM DAN TRAVEL CONSTRAINST PADA KEPUTUSAN BERKUNJUNG OBJEK WISATA CAROCOK PAINAN. Jurnal Bisnis Digital J-BisDig, 1(2), 132–145. https://doi.org/10.52060/j-bisdig.v1i2.1605
Issue  :