TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN RAWAT INAP RUMAH SAKIT DI INDONESIA PADA MASA PANDEMI COVID 19 : SYSTEMATIC REVIEW

Rafika Aini ( STIKES Dharma Landbouw Padang )
Mirza Aulia ( )
Berly Nisa Srimayarti ( )

Abstract

Kepuasan terhadap berbagai layanan bergantung pada sejauh mana penyedia layanan, termasuk penyedia layanan kesehatan di rumah sakit dalam memberikan pelayanan terbaik bagi konsumennya. Rumah sakit diharapkan memberikan pelayanan yang memuaskan bagi para pengunjungnya. Dalam masa pandemi covid 19 ini, pelayanan kesehatan mengalami perubahan dalam beberapa prosedur karena penyesuaian dengan kebijakan pandemi covid 19. Perbedaan dalam prosedur pelayanan ini diduga mempengaruhi tingkat kepuasan pasien. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien pada pelayanan rawat inap rumah sakit di indonesia pada masa pandemi covid 19. Penelitian merupakan systematic review dengan Pengumpulan referensi melalui beberapa database online yaitu Google Schoolar dan portal garuda. Hasil penelitian menunjukan tingkat kepuasan pasien baik namun perlu adanya penyeseuaian dan perbaikan dengan kondisi pandemic covid 19, seperti penyampaian informasi, ketersediaan sarana prasarana, dan empati. Rumah sakit perlu meningkatkan kualitas pelayanan dalam memenuhi kebutuhan pasien. Karena semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan, maka semakin tinggi tingkat kepuasan pasien.

References

Sebagai Skala Multi-Item Untuk Mengukur Kualitas Layanan Di Rumah Sakit: Systematic Review. Jurnal Kesehatan Al-Irsyad, 15(2), 28–40.

Nursofwa, R. F., Sukur, M. H., & Kurniadi, B. K. (2020). Penanganan Pelayanan Kesehatan Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Hukum Kesehatan. Inicio Legis, 1(1).

Patattan, A. A. (2021). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Fatima Makale Di Era New Normal. Jurnal Keperawatan Florence Nightingale, 4(1), 14–19.

Rezaei, S., Hajizadeh, M., Zandian, H., Fathi, A., & Nouri, B. (2018). Service quality in Iranian hospitals: A systematic review and meta-analysis. Medical Journal of the Islamic Republic of Iran, 32, 59.

Sarasnita, N., Raharjo, U. D., & Rosyad, Y. S. (2021). Dampak pandemi covid-19 terhadap pelayanan kesehatan rumah sakit di Indonesia. Jurnal Kesehatan, 1(1), 307–315.

Shabbir, A., Malik, S. A., & Janjua, S. Y. (2017). Equating the expected and perceived service quality. International Journal of Quality & Reliability Management, 34(8), 1295–1317. https://doi.org/10.1108/IJQRM-04-2016-0051

Soumokil, Y., Syafar, M., & Yusuf, A. (2021). Analisis Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Piru. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2), 543–551.

Susanti, A., Razak, A., & Muchlis, N. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Labuang Baji Makassar Pada Masa Pandemi Covid-19. An Idea Health Journal, 1(02), 118–125.


Keywords  :  
Keywords: Kepuasan Pasien, Rawat Inap, Covid 19
Galleys  :  
Published  :  
2023-06-28
How to Cite  :  
Aini, R., Aulia, M., & Srimayarti, B. N. (2023). TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN RAWAT INAP RUMAH SAKIT DI INDONESIA PADA MASA PANDEMI COVID 19 : SYSTEMATIC REVIEW. Jurnal Informatika Medis, 1(1), 42–47. https://doi.org/10.52060/im.v1i1.1321
Issue  :